Peran Guru Wali Kelas dalam Pengelolaan Konflik Antar Siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar

Bella Fitriya, 271324692 (2017) Peran Guru Wali Kelas dalam Pengelolaan Konflik Antar Siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Konflik Sekolah]
Preview
Text (Mengenai tentang Konflik Sekolah)
Bella Fitriya.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Siswa adalah individu unik yang memiliki karakter yang berbeda dengan individu lainnya, dalam keunikan tersebut siswa tidak lepas dari konflik yang menghambat proses pembelajaran. Oleh karena itu, peran guru wali kelas sangat dibutukan untuk mengelola konflik antar siswa dengan baik. Peran guru wali kelas dalam mengelola konflik antar siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar masih belum maksimal, akibatnya terjadi konflik pada siswa seperti bolos, tidak berada di ruang kelas dan berkeliaran di luar pekarangan madrasah saat jam pembelajaran masih berlangsung. Tujuan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peran guru wali kelas, untuk mengetahui jenis-jenis konflik dan penyebab terjadinya konflik, dan untuk mengetahui strategi guru wali kelas dalam pengelolaan konflik antar siswa yang ada di MAN Kuta Baro Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru wali kelas dan dua orang siswa. Penelitian lapangan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, peran guru wali kelas di MAN Kuta Baro sebagai pendidik, pembimbing, dan penasehat. Kedua, jenis dan penyebab konflik antar siswa yaitu konflik intrapersonal yang disebabkan oleh perasaan yang tidak enak di hati kalau tidak melakukan hal yang diinginkan oleh siswa. Ketiga, strategi guru wali kelas yaitu (1) kolaboratif, guru wali kelas mengidentifikasikan, mempertimbangkan konflik serta mencari solusi yang tepat untuk memecahkan masalah; (2) kompromi, memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak yang berkonflik untuk saling memberi dan menerima masukan dari pihak terlibat konflik; (3) penghalusan, tindakannya untuk mendamaikan siswa yang berkonflik dengan cara menegurnya dan tanpa ingin tahu apa yang diinginkan oleh siswanya; (4) eskalasi, guru wali kelas memberikan kepada siswa ancaman dan harus mengikuti perintah guru wali kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mumtazul Fikri, S. Pd. I., MA 2. Lailatussaadah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Wali Kelas, Konflik, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Bella Fitriya 271324692
Date Deposited: 14 Dec 2017 09:47
Last Modified: 14 Dec 2017 09:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item
View Item