Pengembangan Modul Praktikum Titrasi Asam Basa Berbasis Android di Laboratorium Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Muttaqin, 160208068 (2021) Pengembangan Modul Praktikum Titrasi Asam Basa Berbasis Android di Laboratorium Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of Pengembangan Modul Praktikum Titrasi Asam Basa Berbasis Android di Laboratorium Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry]
Preview
Text (Pengembangan Modul Praktikum Titrasi Asam Basa Berbasis Android di Laboratorium Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Muttaqin, 160208068, FTK, PKM, 082276311997.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen dan mahasiswa Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Diketahui jika modul praktikum yang digunakan selama ini masih dalam bentuk cetakan yang masih sangat singkat, mudah rusak, hilang, dan belum memanfaatkan android sebagai media pembelajaran yag menyebabkan mahasiswa masih kesulitan saat melakukan praktikum, sehingga perlu pengembangan terhadap modul praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan melalui lembar validasi dan respon mahasiswa terhadap modul praktikum titrasi asam basa berbasis android. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa angkatan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi dan angket respon. Data validasi dan respon dianalisis menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator, validator I skor yang diperoleh sebesar 79, persentase 89,77 %. Validator II memberikan skor 74, persentase 84,09 %, dan validator III memberikan sekor 75 dengan persentase 85,22 %, dan rata-rata keseluruhan validasi yaitu 86,36 % dengan demikian, maka modul praktikum titrasi asam basa berbasis android sangat layak digunakan. Sedangkan hasil respon mahasiswa skor rata-rata persentase yang diperoleh adalah 83,5 % dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan modul praktikum berbasis android layak dikembangkan pada mahasiswa pendidikan kimia FTK UIN Ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muammar Yulian, M.Si 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul praktikum, Titrasi Aasam Basa, dan Android
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Muttaqin Takin
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:13
Last Modified: 22 Sep 2021 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item
View Item