Pengaruh Skarifikasi Dan Perbedaan Konsentrasi Air Kelapa Terhadap Pematahan Dormansi Biji Saga (A. Pavonina. L) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan.

Yenni Yendriani, 170207064 (2021) Pengaruh Skarifikasi Dan Perbedaan Konsentrasi Air Kelapa Terhadap Pematahan Dormansi Biji Saga (A. Pavonina. L) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Skarifikasi Dan Perbedaan Konsentrasi  Air Kelapa Terhadap Pematahan Dormansi Biji   Saga (A. Pavonina. L) Sebagai Penunjang  Praktikum Mata Kuliah Fisiologi  Tumbuhan]
Preview
Text (Pengaruh Skarifikasi Dan Perbedaan Konsentrasi Air Kelapa Terhadap Pematahan Dormansi Biji Saga (A. Pavonina. L) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan)
Yenni Yendriani, 170207064, FTK, PBL, 085277664020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Benih Saga (A. pavonina L.) termasuk benih yang cukup lama berkecambah. Tanaman saga memiliki Presentase Benih Dormansi yang cukup tinggi. Dormansi benih terjadi karena sifat impermeabel kulit benih. Salah satu cara agar dormansi dapat dipecahkan yang telah diketahui yaitu dengan perlakuan mekanis, perlakuan mekanis terdiri dari skarifikasi dan juga penambahan Zat Pengatur Tumbuh yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan berkecambah yaitu dengan menggunakan air kelapa. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui Pengaruh Skarifikasi dan Perbedaan Konsentrasi Air Kelapa dalam Mematahkan dormansi biji saga (A. pavonina L.), hasil dari penelitian ini akan dimanfaatkan sebagai penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian ini didesain dengan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial, yang terdiri dari dua faktor :1. Faktor skarifikasi benih (P) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : P0 : (Tanpa perlakuan), P1: (Penggosokan), P2: (Penusukan ). 2. Faktor konsentrasi air kelapa (A) yang terdiri dari 4 taraf . Data dianalisis menggunakan ANAVA dan uji lanjut uji Duncan. Parameter yang diukur presentase kecambah dan tinggi kecambah. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis varian diperoleh nilai P-Value atau nilai signifikan yaitu sebesar 0.039 pada faktor skarifikasi benih. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan skarifikasi benih memberikan pengaruh nyata terhadap rata-rata tinggi kecambah biji saga (A. pavonina L.), karena nilai P-Value atau nilai signifikan (0.039) < 0.05%,. Begitu juga dengan faktor konsentrasi air kelapa memiliki nilai P-Value atau nilai signifikan sebesar 0.010. Output dalam bentuk penelitian dibuat dalam bentuk modul praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biji Saga (A. pavonina L.),Dormansi, Skarifikasi, dan Air kelapa.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yenni Yendriani Yenni
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:04
Last Modified: 22 Sep 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18295

Actions (login required)

View Item
View Item