Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Kingdom Plantae di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar

Rita Susanti, 140207197 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Kingdom Plantae di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Kingdom Plantae di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Kingdom Plantae di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar)
Rita Susanti, 140207197, FTK PBL, 082273818493..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat membantu guru dalam memudahkan penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar berjalan dengan menampilkan powerpoint setiap pembelajaran berlangsung. Namun, proses pembelajaran ini sudah jarang diminati siswa dikarenakan pembelajaran hanya sebatas penjelasan singkat dari guru dan belum diiringi dengan media pembelajaran lainnya, sehingga banyak siswa yang masih sulit memahami materi. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan guru dan nilai KKM yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flipchart, mengetahui hasil uji kelayakan media, dan menganalisis hasil respons siswa terhadap media pembelajaran Flipchart pada materi kingdom plantae di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Instrumen penggumpulan data menggunakan lembar validasi media, validasi materi dan lembar angket respons siswa. Analisis data hasil kelayakan media dan respons siswa menggunakan rumus persentase. Penelitian pengembangan menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran Flipchart yang lebih efektif dan memuat materi, peta konsep, gambar dan evaluasi. Hasil kelayakan media oleh tim ahli diperoleh persentase rata-rata keseluruhan adalah 70% dengan kriteria layak. Sedangkan hasil respons siswa terhadap media Flipchart dengan persentase 74% dengan criteria positif. Dengan demikian media pembelajaran Flipchart pada materi sistem peredaran darah layak digunakan di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rita Susanti
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:18
Last Modified: 23 Sep 2021 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18296

Actions (login required)

View Item
View Item