Mengembangkan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Menggunakan Kegiatan Bervariasi

Isti Dara Sofia, 150210065 (2021) Mengembangkan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Menggunakan Kegiatan Bervariasi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img] Text (Mengembangkan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Menggunakan Kegiatan Bervariasi)
Isti Dara Sofia, 150210065, FTK, PIAUD, 081263707854.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kecerdasan visual-spasial adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan mengenal arah. Kecerdasan visual-spasial merupakan salah satu perkembangan yang harus diperhatikan dan dikembangkan sejak dini. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak yang belum menyadari pentingnya mengembangkan kecerdasan visual-spasial dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian dalam kajian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kecerdasan visual-spasial dengan menggunakan kegiatan bervariasi. Kajian ini merupakan kajian studi literatur, jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research). Sistem pengambilan data bersumber dari jurnal-jurnal yang kemudian dianalisis. Dari hasil analisis ditemukan bahwa ada beberapa kegiatan bervariasi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak, diantaranya bermain dengan menggunakan alat permainan edukatif tangram, permainan maze, kegiatan tebak gambar menggunakan media flip chart, permainan building block, kegiatan melukis pasir, permainan puzzle pasir, bermain dengan menggunakan media pop-up book, kegiatan menyusun bangun geometri datar, kegiatan menggambar, dan kegiatan membatik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perkembangan kecerdasan visual-spasial anak dapat berkembang melalui kegiatan bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Isti Dara Sofia
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:18
Last Modified: 22 Sep 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18301

Actions (login required)

View Item View Item
TOP