Analisis Pemahaman Guru Pondok Pesantren terhadap Penerapan Akad Mudarabah di Perbankan Syariah (Studi Kasus Guru Pondok Pesantren di Kota Banda Aceh)

Muhammad Ashabul Zicky, 160603128 (2021) Analisis Pemahaman Guru Pondok Pesantren terhadap Penerapan Akad Mudarabah di Perbankan Syariah (Studi Kasus Guru Pondok Pesantren di Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Pemahaman Guru Pondok Pesantren Terhadap Penerapan Akad Mudarabah Di Perbankan Syariah]
Preview
Text (Analisis Pemahaman Guru Pondok Pesantren Terhadap Penerapan Akad Mudarabah Di Perbankan Syariah)
Muhammad Ashabul Zicky, 160603128, FEBI, PS, 085362335678.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Akad mudarabah merupakan akad kerjasama antara pihak pemilik modal dengan pengelolanya untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan. Pada perbankan syariah akad mudarabah ini digunakan pada produk penghimpunan dana dan produk penyaluran dana yang nantinya dikelola oleh pihak perbankan. Perkembangan perbankan syariah berpengaruh terhadap perekonomian sektor keuangan, sehingga pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah sangat penting dalam hal ini, salah satunya ustadz pondok pesantren dimana pemahaman ustadz sangat berpengaruh terhadap pemahaman masyarakat karena ustadz salah satu orang yang memberikan kajian-kajian di masyarakat dan juga terhadap santri di pondok pesantren. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru pondok pesantren terhadap penerapan akad mudarabah diperbankan syariah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui hasil wawancara kepada guru pada pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya guru pondok pasantren lebih memahami konsep mudarabah dalam fiqh muamalah daripada konsep mudarabah dalam apliaksi perbankan syariah. Oleh karena itu sebaiknya pihak perbankan syariah melakukan dan meningkat sosialisasi kepada pihak pesantren-pesantren agar masyarakat pesantren lebih memahami mengenai perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Ashabul Zicky Zicky
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:01
Last Modified: 29 Sep 2021 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18344

Actions (login required)

View Item
View Item