Devyana Fitri, 160201193 (2021) Penerapan Pembelajaran PAI Dengan Metode Keteladanan Di SMAN 1 Suka Makmur Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Devyana Fitri, 160201193, FTK, PAI, 082239387855.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Metode keteladanan dalam pendidikan Islam dinilai efektif sebab keteladanan ditunjukkan tidak sebatas teori saja. Namun tercerminkan pada diri seorang pendidik serta dapat memberikan pengaruh positif bagi peserta didik. Permasalahan dalam penelitian saat ini adalah akhlak peserta didik sekarang semakin mengkhawatirkan, keteladanannya masih kurang baik. Keteladanan dari sosok pendidik dapat memberikan pengaruh besar bagi peserta didik. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode keteladanan merupakan cara yang dilakukan pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran PAI. Pembelajaran berlangsung di kelas kemudian praktek keteladanannya lebih banyak tampak saat di luar kelas atau lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode keteladanan PAI serta pengaruhnya terhadap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi analisis. Kemudian data tersebut dianalisis secara tersruktur sampai menggambarkan secara nyata hasil temuan di lapangan. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan pembelajaran PAI dengan metode keteladanan di kelas XI-IPA oleh pendidik sudah berjalan dengan baik. Bentuk-bentuk penerapan metode keteladanan disampaikan melalui lisan serta menggunakan ajakan. Penyampaian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 297 Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Devyana Fitri Devy |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:25 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18346 |