Perjanjian Asuransi Ketenagakerjaan Perangkat Gampong Ditinjau Menurut Akad Kafalah (Studi Kasus Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara)

Rita Purnamasari, 170102003 (2021) Perjanjian Asuransi Ketenagakerjaan Perangkat Gampong Ditinjau Menurut Akad Kafalah (Studi Kasus Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Perjanjian Asuransi Ketenagakerjaan Perangkat Gampong Ditinjau Menurut Akad Kafalah (Studi Kasus Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara))
Rita Punamasari, 170102003, FSH, HES, 081372005129.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ialah tanggung jawab dan kewajiban Negara yang berfokus pada jaminan sosial dan proteksi ketenagakerjaan di Indonesia untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat dengan menyelenggarakan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Pensiun. Sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan Negara. Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan sudah selayaknya membantu para pekerja yang mengalami risiko dan mendapatkan santunan atau pelayanan yang seharusnya didapatkan. Dalam hal ini Perangkat Gampong diharuskan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan kemampuan keuangan Gampong. Perangkat Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara mengikuti dua program jaminan sosial, yaitu program JKK dan JKM. Iurannya dihitung berdasarkan persentase upah/gaji perbulan, perwakilan dari Perangkat Gampong yang akan membayar seluruh iuaran perangkat gampong lainnya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Lhokseumawe, iuran tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui sistem perjanjian dan manfaat asuransi BPJS ketenagakerjaan terhadap perangkat Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Dan untuk mengetahui tinjauan akad kafalah dalam perjanjian asuransi pada BPJS ketenagakerjaan pada perangkat Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analisis yaitu penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan metode penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa substansi BPJS Ketenagakerjaan sama seperti Asuransi Konvensional. Dikarenakan ada dua hal yang tidak sesuai dengan syariah dalam skema yang terjadi dalam BPJS Ketenagakerjaan, yaitu adanya unsur transfer of risk (ketidakpastian) dan pinjaman berbunga dalam penetapan iuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Ridwan Nurdin, M.C.L. Pembimbing 2 : Faisal Fauzan, S.E., M.Si., Ak., CA.
Uncontrolled Keywords: Asuransi, BPJS, Akad, Kafalah, Perangkat Gampong
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.235 Kafalah (Jaminan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rita Purnamasari Rita
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:59
Last Modified: 30 Sep 2021 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18355

Actions (login required)

View Item View Item
TOP