Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Balok Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Siswa Kelas I MIN 9 Kota Banda Aceh

Afifah Rizki, 170209026 (2021) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Balok Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Siswa Kelas I MIN 9 Kota Banda Aceh. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Balok Dalam       Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Siswa Kelas I MIN 9 Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Balok Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Siswa Kelas I MIN 9 Kota Banda Aceh)
Afifah Rizki, 170209026, FTK, PGMI, 081273030014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas I MIN 9 Kota Banda Aceh ditemukan bahwa kemampuan mengenal huruf siswa masih rendah. Dalam upaya peningkatan kemampuan mengenal huruf yang lebih baik, peneliti mencoba menerapkan salah satu media pembelajaran yaitu media pembelajaran interaktif balok, dengan penerapan media ini akan membantu siswa lebih mudah dalam mengenal huruf. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas guru, aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media balok huruf dan model pembelajaran interaktif serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media balok huruf dan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 88,88%, pada siklus II menjadi 93,05% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 95,83%. Aktivitas siswa juga meningkat dari 89,47% pada siklus I menjadi 94,73% pada siklus II, dan mengalami peningkatan sebesar 96,05% pada siklus III. Sedangkan hasil tes kemampuan mengenal huruf siswa sampai berada pada fase kemampuan membaca awal siswa pada siklus I yaitu 53,33%, pada siklus II menjadi 70% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media balok huruf/ kata dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Sivia Sandi Wisuda Lubis, S.Pd. M.Pd Pembimbing II : Fajriah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dan Kemampuan Mengenal Huruf
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afifah Rizki
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:47
Last Modified: 01 Oct 2021 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18363

Actions (login required)

View Item
View Item