Pembuatan Lembaran Cangkang Kapsul Menggunakan Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii) Asal Pulo Raya Kabupaten Aceh Jaya Provinsi Aceh

Mahazir, 140704020 (2020) Pembuatan Lembaran Cangkang Kapsul Menggunakan Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii) Asal Pulo Raya Kabupaten Aceh Jaya Provinsi Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pembuatan Lembaran Cangkang Kapsul mMenggunakan Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii)]
Preview
Text (Pembuatan Lembaran Cangkang Kapsul mMenggunakan Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii))
Mahazir, 140704020, FST, KIM, 082168007736.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rumput laut merah (Eucheuma cottonii) merupakan salah satu jenis rumput laut yang banyak ditemukan di pesisir pantai Indonesia. Salah satunya diperairan desa pulo raya, Kabupaten Aceh Jaya. dan belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Aceh khususnya. Rumput laut merah (Eucheuma cottonii) dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan kualitas dengan menanfaatkannya sebagai karagenan melalui ekstraksi. Ekstrak karagenan dari rumput laut merah (Eucheuma cottonii) dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan lembaran cangkang kapsul. Penelitian ini bertujuan untuk membuat lembaran cangkang kapsul dan mengetahui karakteristik yang dihasilkan dari karegenan rumput laut merah (Eucheuma cottonii). Proses pembuatan lembaran cangkang kapsul dimulai dengan tahap pembuatan larutan lembaran cangkang kapsul, lalu pencetakan, pengeringan dan dikarakterisasi. Karakteristik lembaran cangkang kapsul yang dihasilkan dari karagenan rumput laut merah (Eucheuma cottonii) untuk berat, ketebalan dan diameter tiap – tiap variasi konsentrasi 4%, 5% dan 6% adalah 1.19 g, 0.24 mm, 8.5 cm; 1.23 g, 0.27 mm, 8.6 cm; 1.13 g, 0.26 mm, 8.3 cm. Hasil pengujian kadar air pada lembaran cangkang kapsul yang memenuhi standar dari PT. Kapsulindo Nusantara yaitu perlakuan dengan konsentrasi karagenan 4%. Sedangkang untuk pengujian kadar abu pada lembaran cangkang kapsul untuk tiap variasi nya melebihi standar yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI tahun 1995 yaitu <5%. Dan Karagenan dari rumput laut merah (Eucheuma cottonii) asal Pulo Raya, Kabupaten Aceh Jaya dapat dijadikan sebagai lembaran cangkang kapsul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Mahazir Mahazir
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:08
Last Modified: 30 Sep 2021 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18364

Actions (login required)

View Item
View Item