Penerapan Strategi Question Students Have (QSH) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 3 Aceh Barat Daya

Redha Irma Yanti, 261121432 (2016) Penerapan Strategi Question Students Have (QSH) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 3 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Quetions Students Have]
Preview
Text (Strategi Quetions Students Have)
SKRIPSI PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran yang masih didominasi oleh guru sebagai pemberi pengetahuan memungkinkan siswa lebih banyak mendengar informasi atau penjelasan dari guru saja, akibatnya pemikiran siswa kurang berkembang.Dampak dari pembelajaran seperti itu adalah hasil belajar matematika siswa tidak optimal. Salah satu tawaran agar hasil belajar matematika siswa lebih optimal dan aktivitas siswa lebih aktif adalah dengan strategi Question Students Have. Strategi ini memacu siswa untuk berani bertanya dalam bentuk tulisan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi Question Students Havelebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 3 Aceh Barat Daya dan mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada materi trigonometri.Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain control group pre test post test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Aceh Barat Daya yang berjumlah 191 orang. Sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1sebanyak 26 orang dan kelas X2sebanyak 28 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasidan tes hasil belajar. Sedangkan analisis data menggunakan persentase dan uji-t. Untuk menguji uji-t peneliti menggunakan bantuan program SPSS Versi 21 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi Question Student Havelebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 3 Aceh Barat Daya dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakanstrategi Question Students Have pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 3 Aceh Barat Daya aktif yaitu dengan skor rata-rata keseluruhan 2,92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.pd; 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Question Students Have
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: REDHA IRMA YANTI
Date Deposited: 14 Dec 2017 09:31
Last Modified: 14 Dec 2017 09:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item
View Item