Zuhud Dalam Perspektif Jamaah Suluk Dayah Raudhatul Hikmah Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Banda Aceh

Syahibul Luthfi, 150301040 (2021) Zuhud Dalam Perspektif Jamaah Suluk Dayah Raudhatul Hikmah Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Zuhud Dalam Perspektif Jamaah Suluk Dayah Raudhatul Hikmah Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Banda Aceh]
Preview
Text (Zuhud Dalam Perspektif Jamaah Suluk Dayah Raudhatul Hikmah Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Banda Aceh)
Syahibul Luthfi, 150301040, FUF, AFI, 082259786883.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Zuhud Dalam Perspektif Jamaah Suluk Dayah Raudhatul Hikmah Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Banda Aceh” mengangkat sebuah masalah bagaimana tradisi dan prosesi suluk. Penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian lapangan/kualitatif, dimana peneliti akan mengobservasi dan mewawancara narasumber yang ada didayah, baik pimpinan dayah maupun para jamaah. Tujuannya untuk mengetahuipandangan masyarakat/jamaah dan untuk menemukan beberapa kepercayaan masyarakat terhadap proses ibadah suluk di Dayah Raudhatul Hikmah Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Banda Aceh. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa menurut beberapa masyarakat/jamaah suluk ini adalah sebuah ibadah yang sering dilakukan didayah-dayah manapun, guna mencapai ridha Allah termasuk didalamnya agar mencapai tingkat zuhud dalam kehidupan. Tetapi bagi sebagian masyarakat/jamaah dalam menjalankan suluk ini terdapat beberapa pandangan seperti, jika suluk ini tidak dilakukan maka akan sangat sulit untuk mencapai derajat kemuliaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Fuadi, M.Hum. Pembimbing II : Zuherni AB, M.Ag.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.2 Tasawuf
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.3 Tarekat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Syahibul Luthfi
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:18
Last Modified: 04 Oct 2021 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18370

Actions (login required)

View Item
View Item