Nilai Edukasi Rateb Seribe Pada Masyarakat Gampong Suak Nibong

Lisa Rahimi, 150201124 (2021) Nilai Edukasi Rateb Seribe Pada Masyarakat Gampong Suak Nibong. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Nilai Edukasi Rateb Seribe Pada Masyarakat Gampong Suak Nibong]
Preview
Text (Nilai Edukasi Rateb Seribe Pada Masyarakat Gampong Suak Nibong)
Lisa Rahimi, 150201124, FTK, PAI, 082363102039.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masyarakat aceh merupakan masyarakat yang terkenal akan agamisnya, dimana banyak kegiatan-kegiatan keseharian yang tak lepas dari nilai-nilai agama, salah satunya rateb siribe yang kini tengah marak dilaksanakan, rateb siribe merupakan salah satu majelis zikir yang mana dalam pelaksanaannya tak jauh berbeda dengan zikir-zikir pada umumnya hanya saja lebih khusus pada zikir yang dilafadzkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kesadaran masyarakat terhadap Rateb Seuribee? dan bagaimana dampak Rateb Seuribee terhadap perilaku masyarakat?. Penelitian ini menggunakan penelitian kombinasi (mixe methods) yaitu penelitian yang mengabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara dan angket. Berdasarkan Hasil penelitian di lapangan terlihat sudah ada kesadaran masyarakat untuk mengikuti pengajian Rateb Seuribee, namun dikarenakan kurangnya pemahaman dalam Rateb Seuribee sehingga membuat mereka lemah (dalam segi ibadah dan pengetahuan), dan tidak mau bergabung dengan majelis zikir ini, kemudian dampak perilaku masyarakat terhadap Rateb Seuribee sudah ada dalam diri baik itu pribadi, keluarga dan lingkungan. Simpulan apabila Rateb Seribe dalam masyarakat Suak Nibong terlaksana, maka Nilai Edukasinya akan muncul dalam kehidupan sehari hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah Isri S.pd. I., MA Pembimbing II : Abdul Haris Hasmar S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai Edukasi, Rateb Seuribee
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.343 Majelis Ta`lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lisa Rahimi
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:20
Last Modified: 04 Oct 2021 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18372

Actions (login required)

View Item
View Item