Strategi Ma’had Al-Jami’ah Dalam Melakukan Pembinaan Mahasiswa Uin Ar-Raniry

Erwin, 431206875 (2021) Strategi Ma’had Al-Jami’ah Dalam Melakukan Pembinaan Mahasiswa Uin Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Strategi Ma’had Al-Jami’ah Dalam Melakukan Pembinaan Mahasiswa Uin Ar-Raniry]
Preview
Text (Strategi Ma’had Al-Jami’ah Dalam Melakukan Pembinaan Mahasiswa Uin Ar-Raniry)
Erwin, 431206875, FDK, MD, 082376857177.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Perilaku berseberangan dengan aturan Ma’had sering terjadi saat interaksi akademik di kampus dalam hal ibadah, seharusnya ditampilkan adalah tunduk dan patuh pada aturan sesuai dengan kemampuan dan tingkat pendidikan. Penelitian ini mengkaji perilaku mahasiswa yang dipandang bertentangan dengan aturan Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry, aspek dan strategi pembinaan mahasiswa pada Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry dan faktor pendukung dan penghambat proses pembinaan mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku mahasiswa yang dipandang bertentangan di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry adalah yang egois, bertutur kata yang tidak baik, merokok dikamar, pada mahasiswi perilakunya seperti memakai rok terbelah kemudian tidak memakai kaos kaki, tidak sopan dalam membuka pintu dan ribut sendiri. Aspek dan strategi pembinaan mahasiswa pada Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry menggunakan strategi pembinaan melalui shalat berjamaah, karena membiasakan diri dalam salat berjamaah dapat membentuk diri selalu disiplin. Kemudian belajar memeberikan ceramah/ dakwah, belajar dakwah kalau di sampaikan ke orang lain juga berpengaruh bagi dirinya. Ketika mahasiswa masuk ke asrama maka segala tutur katanya, perilakunya selalu dalam pantauan ustazd. Ketika mahasiswa membaca al-Qur’an dalam hidupnya maka akan berpengaruh pada perilakunya, ketika dia berbicara dengan ustazd berpengaruh pada perilakunya, jika dia hidup dalam asrama dengan ustaz maka ada pengaruh pada perilakunya. Faktor pendukung program pembinaan mahasiswa ma’had UIN Ar-Raniry terdapat pada pembinanya, atau ustaz-ustazah yang berpengalaman. Ini merupakan suatu hal yang luar biasa pada ma’had al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. Adapun faktor penghambat yang memungkinkan berkurangnya nilai kualitas program ma’had al-Jami’ah UIN Ar-Raniry adalah waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Erwin Erwin
Date Deposited: 06 Oct 2021 02:27
Last Modified: 06 Oct 2021 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item
View Item