Peranan Hasil Pertanian Kelapa Sawit dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Kajian di Desa Ujung Patihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya)

Fahrur Nur Habibie, 160602146 (2020) Peranan Hasil Pertanian Kelapa Sawit dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Kajian di Desa Ujung Patihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peranan Hasil Pertanian Kelapa Sawit]
Preview
Text (Peranan Hasil Pertanian Kelapa Sawit)
Fahrur Nur Habibie, 160602146, FEBI, ES, 082213014963.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembangunan sektor perkebunan diarahkan mampu untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan kebutuhan industri dalam negeri, meningkatkan ekspor, meningkatkan pendapatan petani, memperluas kesempatan kerja serta mendorong kesempatan berusaha. Di desa Ujong Patihah sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya adalah bekerja sebagai peatni kelapa sawit. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah Sekretaris Desa dan KASI Kesejahteraan dan Pelayanan desa Ujong Patihah dan petani kelapa sawit. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer ini di peroleh dengan metode interview atau wawancara kepada informan yaitu masyarakat petani kelapa sawit. Sedangkan data sekunder di dapatkan dari kantor Desa Ujong Patihah Kabupaten Nagan Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan masyarakat desa Ujong Patihah menekuni perkebunan kelapa sawit karena perkebunan kelapa sawit sebagai tanaman produktif penghasil yang tinggi, perkebunan kelapa sawit sebagai sektor mata pencaharian yang potensial, dan perkebunan kelapa sawit sebagai komoditas yang memiliki permintaan pasar yang tinggi. Secara ekonomi, kontribusi hasil perkebunan kelapa sawit membawa peranan positif terhadap perekonomian masyarakat di Desa Ujong Patihah. Adapun indikator peranannya yaitu : Meningkatkan kebutuhan sandang, pangan, dan papan, Memberikan stabilitas pendapatan bagi petani, Memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dan membiayai pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fahrur Nur Habibie Fahrur
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:06
Last Modified: 06 Oct 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18407

Actions (login required)

View Item
View Item