Jenis-Jenis Lichenes di Kawasan Pucok Krueng Alue Seulaseh Kecamatan Jeumpa Sebagai Referensi Pendukung Pembelajaran di SMAN 6 Aceh Barat Daya

Ruhaisyah Nuna, 140207128 (2021) Jenis-Jenis Lichenes di Kawasan Pucok Krueng Alue Seulaseh Kecamatan Jeumpa Sebagai Referensi Pendukung Pembelajaran di SMAN 6 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Jenis-Jenis Lichenes di Kawasan Pucok Krueng Alue Seulaseh Kecamatan Jeumpa Sebagai Referensi Pendukung Pembelajaran di SMAN 6 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Jenis-Jenis Lichenes di Kawasan Pucok Krueng Alue Seulaseh Kecamatan Jeumpa Sebagai Referensi Pendukung Pembelajaran di SMAN 6 Aceh Barat Daya)
Ruhaisyah Nuna, 140207128, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Lichenes merupakan suatu organisme gabungan antara bentuk hidup jamur (fungi) dan alga khususnya alga hijau biru. Lichenes dipelajari di tingkat SMA dan MA pada kelas X yang termasuk ke dalam bab jamur (fungi). Pembelajaran mengenai lichenes di SMAN 6 Aceh Barat Daya seharusnya dilakukan dengan pengamatan langsung atau melalui gambar. Kurangnya media cetak memberi dampak pada pengetahuan siswa terhadap materi yang dipelajari. Karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai lichenes untuk mendapat informasi tentang lichenes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis lichenes yang terdapat di Kawasan Pucok Krueng Alue Seulaseh dan menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi pendukung pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksploratif dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 1.650 koloni lichenes yang terdiri dari 13 famili dan 26 spesies. Hasil penelitian dimanfaatkan sebagai referensi pendukung pembelajaran dalam bentuk buku saku. Buku yang dihasilkan telah melalui proses uji kelayakan yang dinilai oleh validator dan mendapakan hasil sebesar 83,8%, menunjukkan bahwa buku saku Jenis-Jenis Lichenes sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu buku referensi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ruhaisyah Nuna
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:05
Last Modified: 06 Oct 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18408

Actions (login required)

View Item
View Item