Penerapan Model Two Stay-Two Stray dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar

Shadiqah, 201223438 (2016) Penerapan Model Two Stay-Two Stray dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Two Stay-Two Stray; Media Gambar]
Preview
Text (Model Two Stay-Two Stray; Media Gambar)
Binder1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh suatu model pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang inovatif perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan penguasaan konsep pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Two Stay – Two Stray dengan menggunakan media gambar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran TwoStay – Two Stray dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS dikelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS, serta hasil belajar siswa dengan penerapan model TwoStay – Two Stray dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS dikelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar yang berjumlah 14 siswa dengan KKM Individual 60% dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal pre tes (3) soal post tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 2,88 dengan katagori baik dan meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 3,80 dengan katagori sangat baik (2) aktifitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 1,90 dengan katagori cukup dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 3,20 dengan katagori baik.(3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57,14%, meningkat menjadi 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model TwoStay – Two Stray dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Nudin Manyak, M.Ag; 2. Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay - Two Stray. Media Gambar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shadiqah Ika Marwan
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:16
Last Modified: 13 Dec 2017 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item
View Item