Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Media E-Learning Dengan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fisika Modern Di Prodi Pendidikan Fisika Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Suaibatul Aslamiyah, 170204013 (2021) Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Media E-Learning Dengan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fisika Modern Di Prodi Pendidikan Fisika Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Media  E-Learning dengan Hasil Belajar Pada Mata  Kuliah Fisika Modern di Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Media E-Learning dengan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fisika Modern di Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Suaibatul Aslamiyah, 170204013, FTK, PFS, 085362674850.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media e-learning saat ini menjadi suatu keharusan dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh akibat COVID-19. Kondisi faktual terkait bagaimana sebenarnya persepsi mahasiswa tentang e-learning juga sangat penting untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan persepsi mahasiswa tentang media e-learning dengan hasil belajar pada mata kuliah fisika modern di Prodi Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah mengambil mata kuliah fisika modern dengan jumlah 90 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah simple random sampling dengan jumlah 72 mahasiswa pada unit 01,02,03 kelas fisika modern tahun ajaran 2019-2020. Digunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi 0,082 > 0,05 dan nilai koefisien korelasi r= -0,166. Kemudian berdasarkan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar -1,405 < t tabel 1,666. Berdasarkan hal tersebut dinyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga dinyatakan tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang e-learning dengan hasil belajar pada mata kuliah fisika modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Media E-learning, Hasil Belajar.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Suaibatul Aslamiyah
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:35
Last Modified: 14 Oct 2021 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18421

Actions (login required)

View Item
View Item