Pengaruh Penggunaan Multi Representasi pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Indrapuri Aceh Besar

Nurul Ismi, 251324444 (2017) Pengaruh Penggunaan Multi Representasi pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Indrapuri Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan]
Preview
Text (Pendidikan)
PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Poin penting yang harus dipahami seorang guru adalah bahwa secara psikologis kemampuan setiap siswa dalam menyerap ilmu sangatlah berbeda-beda, baik dalam bidang verbal, matematis, gambar, dan grafiknya, namun pemaparan materi yang dilakukan sering kali terfokus pada bagian matematis dan verbal saja. Hal ini adalah salah satu faktor tidak sedikit siswa/I SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy yang mendapatkan nilai ulangan fisika di bawah rata-rata yaitu < 75, untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat memenuhi karakter siswa, dalam hal ini pembelajaran yang dianggap sesuai oleh peneliti adalah multi representasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan multi representasi pada materi Fluida Statis terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan multi representasi pada materi Fluida Statis untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui SPSS 16.0 untuk uji normalitas dan manual untuk homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,68 > 1,67 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan multi representasi terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan multi representasi dengan rata-rata persentase setuju 61,424% dan sangat setuju 21,7809%. Hal ini menunjukkan bahwa multi representasi merupakan salah satu pembelajaran yang efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Sains dikarenakan pemaparannya dapat menjangkau karakter penyerapan ilmu siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Wardi A. Wahab, M. Ag; 2. Ridhwan, M. Si
Uncontrolled Keywords: Multi Representasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurul Ismi
Date Deposited: 08 Dec 2017 09:05
Last Modified: 08 Dec 2017 09:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item
View Item