Analisis Tingkat Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam menyelesaikan Soal Segiempat di SMP Berbasis Islam

Maslaini, 160205092 (2021) Analisis Tingkat Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam menyelesaikan Soal Segiempat di SMP Berbasis Islam. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Tingkat Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa  	 	  dalam menyelesaikan Soal Segiempat di SMP Berbasis Islam]
Preview
Text (Analisis Tingkat Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam menyelesaikan Soal Segiempat di SMP Berbasis Islam)
Maslaini, 160205092, FTK, PMA, 085270354034.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalam mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal segiempat di SMP berbasis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Suubjek dalam penelitian adalah kelas VII SMP Islam AL-Muhajirin Aceh Besar yang terdiri dari tiga siswa yaitu satu siswa dengan kemampuan komunikasi matematis dalam kategori tinggi, satu siswa dengan kemampuan komunikasi matematis dalam kategori sedang, satu satu dengan kategori rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar tes kemampuan komunikasi matematis yaitu STKKM-1 dan STKKM-2, pedoman wawancara serta alam perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek dengan kategori tinggi (ZA) memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori tinggi yang mampu memunculkan 4 (empat) indikator dengan baik dan benar sehingga mendapatkan skor yang maksimal. (2) Subjek SA memiliki kemampuan komunikasi kategori sedang mampu memunculkan 2 (dua) indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu membuat situasi matematika dengan menyediakan ide dan keterangan dalam bentuk tertulis dan menggunakan bahasa matematika dan simbol yang tepat. (3) Subjek ZZ memiliki kemampuan komunikasi matematis hanya mampu memenuhi 1 (satu) indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menggunakan bahasa matematika dan simbol yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Safrina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Maslaini Maslaini
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:12
Last Modified: 08 Oct 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18436

Actions (login required)

View Item
View Item