Konsep Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Anak (Studi Literatur)

Rahmadini, 160210017 (2021) Konsep Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Anak (Studi Literatur). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Konsep Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Anak]
Preview
Text (Konsep Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Anak)
Rahmadini, 160210017, FTK, PIAUD, 082211664596.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan didalamnya proses, cara, dan perbuatan mendidik. Anak merupakan amanat dari Allah SWT maka orang tua dan pendidik dituntut untuk mendidik anak sesuai dengan fitrahnya agar kelak memilki akhlak yang baik dan bisa menjadi manusia yang bertaqwa, sesuai degan ajaran Islam. Jika pada masa ini karakter setiap anak dapat terbentuk, maka kelak dimasa dewasa akan menjadi generasi yang berkarater, namun realia yang sering terjadi saat ini setiap orang tua atau pendidik belum memahami cara yang tepat untuk mendidik anak, maka dengan adanya buku dalam perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiatul Aulad Fil Islam membahas pendidikan yang teapat untuk anak dalam Islam, dan membahas metode-metode dalam pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literature/ kepustakaan. Pengumpulan data yang digunakan melalui buku Abdullah Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Anak dalam Islam kemudian data ini dianalisi melalui pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya ruang lingkup, materi konsep pendidikan anak dalam kitab Pendidikan Anak dalam Islam meliputi: Tanggung jawab pendidikan iman, tanggung jawab pendidikan moral, tanggung jawab pendidikan fisik, tanggung jawab pendidikan akal, tanggung jawab kejiwaan, tanggung jawab pendidikan sosial, tanggung jawab pendidikan seks. Untuk menghindari anak dari keburukan maka dapat menggunakan metode-metode mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan perhatian, mendidik dengan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rahmadini Rahmadini
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:22
Last Modified: 11 Oct 2021 07:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18447

Actions (login required)

View Item
View Item