Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Generatif

Rizki Fimaulida, 140205104 (2021) Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Generatif. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP]
Preview
Text (Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP)
Rizki Fimaulida, 140205104, FTK, PMA, 085260506580.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika yang berfungsi untuk mengidentifikasi masalah, memikirkan cara penyelesaian yang tepat dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan dalam pembelajaran matematika. Kenyataannya, kemampuan penalaran matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Model pembelajaran generatif merupakan suatu model yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran generatif, (2) untuk mengetahui perbandingan kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Zainatul Ulum. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan penalaran matematis. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran generatif, dimana peningkatan kemampuan penalaran berada pada kategori sedang. (2) Berdasarkan uji-t maka diperoleh t_hitung = 2,67 dan t_tabel = 1,68 maka t_hitung>t_tabel, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran generatif lebih baik dibandingkan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Khusnul Safrina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Generatif, Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizki Fimaulida
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:20
Last Modified: 11 Oct 2021 07:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18448

Actions (login required)

View Item
View Item