Pengembangan Media Pembelajaran Big Book di Kelas 1 MIN 9 Aceh Tengah

Amna Nurul Ikhlas, 170209079 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book di Kelas 1 MIN 9 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Big Book  di Kelas 1 MIN  9 Aceh Tengah]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Big Book di Kelas 1 MIN 9 Aceh Tengah)
Amna Nurul Ikhlas, 170209079, FTK, PGMI, 082276045406.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini bahwa motivasi dan minat belajar siswa masih rendah hal ini terlihat dari kurangnya penggunaan media untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Maka peneliti mengambil judul pengembangan media pembelajaran big book di kelas 1 MIN 09 Aceh Tengah. Karena kurangnya penggunaan media membuat siswa kurang termotivasi dan tidak adanya minat untuk mempelajari sesuatu dikarenakan penggunaan media yang tidak bervariasi. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran big book yang dapat menunjang motivasi dan minat siswa saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran big book di kelas 1 MIN 09 Aceh Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yang mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, pengembangan media pembelajaran big book sudah sangat layak dan bisa menjadi inovasi yang menarik. Kedua, kelayakan media big book dinilai oleh ahli media memperoleh 80% dengan kategori “Layak” dan hasil validasi ahli media memperoleh 100% dengan kategori “Sangat Layak”, dan Ketiga hasil respon guru terhadap media big book memperoleh 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran big book yang dikembangkan memiliki tingkat ke valid an yang tinggi, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nida Jarmita, M.Pd Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Big Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amna Nurul Ikhlas
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:07
Last Modified: 12 Oct 2021 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18455

Actions (login required)

View Item
View Item