Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Al-Qur’an Hadist Di MTsN 5 Bireuen.

Fathullah, 160201047 (2021) Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Al-Qur’an Hadist Di MTsN 5 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar)
Fathullah, 160201047, FTK, PAI, 082238576900.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media powtoon merupakan aplikasi berbasis web yang disediakan bagi pengguna untuk membuat presentasi animasi menggunakan gambar, menyediakan musik. Keunggulan yang dimiliki oleh media powtoon yaitu mampu memberikan berbagai tampilan animasi kartun yang dapat menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru. Dalam hal ini penulis bermaksud untuk melihat pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 5 Bireuen. Dari latar belakang masalah timbul pertanyaan penelitian, Bagaimana pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penggunaan media Powtoon pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimen design dengan rancangan penelitian ini yaitu One grup pretest-postest design, dan menggunakan instrument atau teknik pengumpulan data yaitu tes dan angket. Responden dalam penelitian ini adalah 20 orang kelas VII / f. Adapun hasil penelitian ini Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan dengan uji hipotesis yang menggunakan t-tes bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 8,008 > 2,086 dengan demikian Ha diterima. Pengujian hipotesis ini menunjukkan nilai Sig. <0,05 dimana Ha diterima. Respon siswa terhadap penggunaan media powtoon pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist adalah dapat dibuktikan dengan hasil angket yang diperoleh dengan persentase angket respon positif sebesar 93,56%, sedangkan jumlah skor angket respon negatif sebesar 95%, Berdasarkan pernyataan negatif menjelaskan bahwa 95% siswa menjawab sangat tidak setuju dengan pernyataan negatif, sehingga hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media tersebut dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hamdiah A.Latif, MA 2. Marzuki, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, penggunaan media powtoon, hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathullah
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:15
Last Modified: 12 Oct 2021 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item
View Item