Pembinaan Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah di Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kale, Desa Siem, Darussalam, Aceh Besar

Nora Maulida Julia, 170201037 (2021) Pembinaan Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah di Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kale, Desa Siem, Darussalam, Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pembinaan Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah di Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kale, Desa Siem, Darussalam, Aceh Besar]
Preview
Text (Pembinaan Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah di Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kale, Desa Siem, Darussalam, Aceh Besar)
Nora Maulida Julia, 170201037, FTK, PAI, 085337059978_080045.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kale merupakan salah satu dayah yang menerapkan pembinaan akidah Ahlussunnah wal Jama’ah. Sistem pembinaan akidah Ahlussunnah wal Jamaah di Dayah Darul Ihsan diterapkan dengan unik, yaitu dengan penerapan kurikulum terintegrasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, implementasi dan penilaian keberhasilan pembinaan akidah Ahlusunnah wal Jama’ah di Dayah Darul Ihsan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembinaan akidah Ahlussunnah wal Jama’ah menggunakan kurikulum madrasah yang include dengan kurikulum dayah, implementasi akidah Ahlussunnah wal Jama’ah di luar kelas diterapkan mulai dari penyeleksian calon guru, pembiasaan dalam beribadah, peneladanan akhlak hingga kegiatan ekstrakurikuler dayah. Sedangkan di dalam kelas implementasi menggunakan: 1) Metode diskusi, ceramah, tanya jawab, syarah kitab, Contextual Teaching Learning (CTL), Problem Best Learning (PBL), 2) Sumber dan media merujuk pada kitab kuning, papan tulis, santri, guru, tayangan video pembelajaran terkait akidah. 3) Strategi pendekatakan pengalaman, pembiasaan, keteladanan, filosofis, sosiokultural. 4) Konsep akidah merujuk Imam Abu Hasan al-Asy’ari dan al-Maturidy. Selanjutnya penilaian keberhasilan proses dan hasil menggunakan tiga ranah penilaian di dalam kelas, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perencanaan, implementasi dan evaluasi pembinaan akidah Ahlussunnah wal Jama’ah di Dayah Darul Ihsan sudah diterapkan dengan sempurna sebagaimana diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Suyata, M. Ag. Pembimbing 2 : Dr. Teuku Zulkhairi, S. Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akidah, Ahlussunnah Wal Jama’ah, di Dayah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Maulida Julia Nora
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:21
Last Modified: 12 Oct 2021 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18458

Actions (login required)

View Item
View Item