Musykilatu At-Thalibatu 'ala Tarjamati Kutubi At-Turasi (Dirasah Washfiyah Bi Ma'had Jabal Nur Jadid Aceh Barat Daya)

Ulva Fitriani, 170202163 (2021) Musykilatu At-Thalibatu 'ala Tarjamati Kutubi At-Turasi (Dirasah Washfiyah Bi Ma'had Jabal Nur Jadid Aceh Barat Daya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Problematika         Siswa        Dalam Menerjemahkan Kitab Kuning (Penelitian Kualitatif dipondok Pesantren Jabal Nur Jadid)]
Preview
Text (Problematika Siswa Dalam Menerjemahkan Kitab Kuning (Penelitian Kualitatif dipondok Pesantren Jabal Nur Jadid))
Ulva Fitriani, 170202163, FTK, PBA, 082165873760.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebahagian siswa dipondok pesantren Jabal Nur Jadid mengalami kesulitan dalam menerjemahkan kitab kuning. Oleh karna itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi oleh santri pondok pesantren Jabal Nur Jadid dalam menerjemahkan kitab kuning dan usaha apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana peneliti melakukan wawancara untuk memperoleh data yang dibutuhkan dan Sampel pada penelitian ini adalah 20 orang santriwati. Hasil penelitian ini adalah santri mempunyai masalah ketika menerjemahkan kitab kuning khususnya dari segi permasalahan bahasa yaitu dari segi mufradat, qawaid, penyusunan bahasa, transliterasi dan perkembangan bahasa. Adapun usaha guru dalam mengatasi permasalahan mereka adalah guru menyuruh santri mengahafal pelajaran ( mufradat, nahwu dan sharaf) dan mengulanginya, guru menyuruh santri untuk melatih menerjemahkan teks arab, guru membuat peta konsep untuk mengajari nahwu dan sharaf, guru meluangkan waktu diluar jam pelajaran untuk mengajarkan santri nahwu dan sharaf dan guru menggunakan kosakata yang mudah dipahami oleh santri ketika menerjemahkan kitab kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulva Fitriani Ulva
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:17
Last Modified: 13 Oct 2021 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18466

Actions (login required)

View Item
View Item