Pengembangan Media Pembelajaran Komik Islami untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN di 10 Aceh Tengah

Maslahatil Ummah, 170209002 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Islami untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN di 10 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Komik Islami untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN di 10 Aceh Tengah]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Komik Islami untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN di 10 Aceh Tengah)
Maslahatil Umah, 170209002, FTK, PGMI, 085242878743.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media Pembelajaran Komik Islami merupakan sebuah media atau alat bantu yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media komik dapat digunakan dalam proses pembelajaran dua arah, yaitu sebagai alat bantu mengajar dan media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh siswa. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa masih terbatasnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran di MIN 10 Aceh Tengah, khususnya kelas pada kelas V. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses mengembangkan media Komik Islami terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V di MIN 10 Aceh Tengah, 2) Untuk mengetahui kelayakan media Komik Islami yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MIN 10 Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan teori Borg and Gall dengan melalui 7 tahapan. Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi dan uji coba produk, Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan media komik islami dikatakan layak digunakan. Hal tersebut berdasarkan penilaian media komik secara keseluruhan sudah dinyatakan layak dengan hasil persentasi 92,69% Serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 10 Aceh Tengah berdasarkan analisis uji produk yang diperoleh yaitu thitung = 9,976 sedangkan ttabel = 1,711. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, maka artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan kemampuan akhir siswa lebih baik daripada sebelum menggunakan media pembelajaran komik islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd. Pembimbing II : Rafidah Hanum, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Komik Islami, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maslahatil Umah
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:55
Last Modified: 14 Oct 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18469

Actions (login required)

View Item
View Item