Analisis Terhadap Penggunaan Uang Kertas Sebagai Bouquet dalam Perspektif Hukum Islam dan Undang -Undang Nomor 7 Tahun 2011Tentang Mata Uang

Wahyu Rahmadani, 160102047 (2021) Analisis Terhadap Penggunaan Uang Kertas Sebagai Bouquet dalam Perspektif Hukum Islam dan Undang -Undang Nomor 7 Tahun 2011Tentang Mata Uang. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Terhadap Penggunaan Uang Kertas 	 Sebagai Bouquet]
Preview
Text (Analisis Terhadap Penggunaan Uang Kertas Sebagai Bouquet)
Wahyu Rahmadani, 1601022047, FSH, HES, 082368057164.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima oleh masyarakat umum dalam melakukan transaksi pembayaran barang, jasa maupun utang. Ia menjadi objek penting dalam perekonomian karena digunakan sebagai media untuk nilai tukar dalam berbagai transaksi. Kemajuan zaman yang semakin modern membuat masyarakat semakin kreatif dalam menciptakan berbagai inovasi bisnis salah satunya bisnis pembuatan bouquet. Bouquet yang diciptakan berbagai macam yang dulunya hanya menggunakan bunga sebagai rangakaiannya saja, kini telah muncul ide baru dengan memasukkan uang kertas asli yang biasa digunakan sebagai alat transaksi kedalam rangkaiannya. Berdasarkan uraian diatas terdapat beberapa permasalahan yang peneliti hendak kaji, yaitu bagaimana dampak positif dan negatif dalam perekonomian terhadap penggunaan uang kertas dalam bentuk bouquet, bagaimana kedudukan uang kertas sebagai bouquet yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dan bagaimana pendapat hukum Islam terhadap penggunaan uang kertas sebagai bouquet. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, dan juga merupakan kombinasi dari penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, data primer diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder bersumber dari penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan uang kertas sebagai bouquet berdampak kepada kehidupan baik secara ekonomi maupun finansial dikemudian hari, dampak yang ditimbulkan ada yang bersifat positif maupun negatif. Berdasarkan hukum Islam penggunaan Uang sebagai bouquet dibolehkan asalkan tidak terjadi transaksi yang mengandung unsur riba sedangkan dalam Undang-Undang terdapat beberapa hal yang menetapkan bahwa penggunaan uang kertas sebagai bouquet itu tidak diperbolehkan. Dari paparan diatas disimpulkan bahwa penggunaan uang kertas sebagai bouquet terdapat perbedaan pendapat antara hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyu Rahmadani Wahyu
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:16
Last Modified: 14 Oct 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18470

Actions (login required)

View Item
View Item