Dampak Internet Terhadap Moralitas Remaja Muslim (Studi Kasus Kecamatan Kuta Baro Gampong Cot Preh)

Arfiandi, 150301054 (2020) Dampak Internet Terhadap Moralitas Remaja Muslim (Studi Kasus Kecamatan Kuta Baro Gampong Cot Preh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dampak Internet Terhadap Moralitas Remaja Muslim (Studi Kasus Kecamatan Kuta Baro Gampong Cot Preh)]
Preview
Text (Dampak Internet Terhadap Moralitas Remaja Muslim (Studi Kasus Kecamatan Kuta Baro Gampong Cot Preh))
Arfiandi, 150301054, FUF, AFI, 082272070907.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Internet suatu hal yang tidak lazim di dengarkan dalam era teknologi yang begitu pesat, sehingga banyak terjadi perubahan dalam masyarakat yang berdampak positif dan negatif terhadap penggunanya di dalam kalangan remaja dan orang tua baik dari segi aklak, prilaku dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari internet terhadap moralitas remaja di Gampong Cot Preh dalam penggunaan internet ini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif (field research), dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk dianalisi peneliti menggunakan metode deskriptis analisis dengan pengolahan data yang sudah ada untuk meningkatkan pemahaman peneliti tentang kasus yang diteliti dan menyajikan sebagai temuan bagi orang lain.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyak remaja di Gampong Cot Preh yang menggunakan internet ke hal yang positif, dalam pengunaannya mengakses pelajaran, komunikasi, melihat ceramah, video motivasi, mencari berbagai informasi dan juga sebagai media pengajian baik secara langsung maupun secara tidak langsung meliputi dalam bidang agama kemudian dalam bidang sosial dan dalam bidang ekonomi serta berbagai bidang lainnya. Adapun penggunaan yang dianggap negatif dominannya karena mengakses game online seperti game PUBG, mobile legends, kemudian ada juga yang menonton video yang di dalamnya terdapat hal yang mengandung negatif seperti melihat narkoba, pornografi bahkan perjudian online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Arfiandi Arfiandi
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:10
Last Modified: 18 Oct 2021 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18481

Actions (login required)

View Item
View Item