Berbeda Strata Ekonomi Sebagai Hambatan Persetujuan Pernikahan (Penelitian Di Kecamatan Simuelue Timur Kabupaten Simeulue)

Aja Wardian SR, 160101101 (2021) Berbeda Strata Ekonomi Sebagai Hambatan Persetujuan Pernikahan (Penelitian Di Kecamatan Simuelue Timur Kabupaten Simeulue). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Berbeda Strata Ekonomi Sebagai Hambatan Persetujuan Pernikahan (Penelitian Di Kecamatan Simuelue Timur Kabupaten Simeulue)]
Preview
Text (Berbeda Strata Ekonomi Sebagai Hambatan Persetujuan Pernikahan (Penelitian Di Kecamatan Simuelue Timur Kabupaten Simeulue))
Aja Wardian. SR, 160101101, FSH, HK, 082165083611.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Memilih calon pasangan dalam Islam telah dijelaskan ada empat perkara yang harus diperhatikan yaitu harta, keturunan, kecantikan dan agama, dan lebih ditekan pada segi agama. Akan tetapi yang terjadi pada masyarakat di Desa Kuala Makmur Kec. Simeulue Timur Kab. Simuelue adalah strata ekonomi atau status sosial seseorang sering dijadikan sebagai perhatian yang sangat penting dalam pertimbangan meminta izin pernikahan sehingga tidak sesuai dengan ketentuan dalam Islam. Adapun permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah mengapa strata ekonomi menjadi pertimbangan utama dalam memperoleh persetujuan pernikahan di Desa Kuala Makmur Kec. Simeulue Timur dan Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap terhadap praktik yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan empiris dengan tehnik analisis data metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masyarakat Desa Kuala Makmur beranggapan harta, pekerjaan, kekayaan dapat menunjang kebahagian dalam berumah tangga serta dapat menghindari perceraian. Menurut fikih kafaah ini dibolehkan dengan tujuan agar adanya keseimbangan antara suami dan istri untuk menghindari pertengkaran diantara mereka. Walaupun demikian para ulama juga menegaskan bahwa dalam kafaah yang paling diutamakan adalah agama dan akhlak seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Syuhada, S Ag., M.Ag Pembimbing II : Muhammad Iqbal, M.M
Uncontrolled Keywords: Strata Ekonomi, Hambatan dan Pernikahan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.301 Filosofi Perkawinan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.31 Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Aja Wardian SR
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:40
Last Modified: 22 Oct 2021 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18493

Actions (login required)

View Item
View Item