Penerapan Teori Van Hiele terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Muharmita, 261222890 (2017) Penerapan Teori Van Hiele terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Komunikasi Matematis]
Preview
Text (Membahas Tentang Komunikasi Matematis)
Muharmita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah salah satu kompetensi yamg penting dan harus dikembangkan dalam setiap topik matematika. Oleh karena itu kemampuan komunikasi matematis perlu mendapat perhatian dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX-2 SMP Inshafuddin Banda Aceh masih sangat rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menjelaskan ide, situasi secara tertulis kedalam bentuk gambar serta memberi alasan rasional pada setiap jawaban. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan oleh salah satunya adalah proses pembelajaran yang tidak memperhatikan tingkat pemikiran dari masing-masing siswa. Oleh karena itu solusinya adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan Teori Van Hiele. Teori ini memuat 5 tingkat berpikir anak dalam bidang geometri, yaitu : Visualisasi, Analisis, Deduksi Informal, Deduksi Formal, dan Rigor (akurat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berfikir siswa pada materi kesebangunan dan kekogrueanan terhadap komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya dengan tujuan untuk menggambarkan fakta- fakta yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IX-B lalu dipilih 6 siswa yang terdiri dari 3 siswa pada level 1 dan 3 siswa pada level 2 dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara non terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis 6 siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan teori Van Hiele berada pada kategori baik, hal ini juga terlihat dari peningkatan tingkat berpikir geometri keenam siswa yaitu : siswa pada level 1 dengan kemampuan tinggi dan sedang meningkat ke level 2 (Analisis), siswa level 1 dengan tingkat kemampuan rendah tetap pada level 1, dan siswa pada level 2 dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah tingkat berpikirnya berada pada level 2 (Analisis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Lukman Ibrahim,M.Pd; 2.Novi Trina Sari,S.Pd.I,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tingkat Berpikir Van Hiele, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: muhar mita
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:29
Last Modified: 12 Dec 2017 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item
View Item