Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Penerapan Prinsip Amanah dan Kepuasan Konsumen(Studi Kasus Toko Lestari Elektronik)

Rizki Rinaldi, 170602008 (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Penerapan Prinsip Amanah dan Kepuasan Konsumen(Studi Kasus Toko Lestari Elektronik). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Penerapan Prinsip Amanah dan Kepuasan Konsumen]
Preview
Text (Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Penerapan Prinsip Amanah dan Kepuasan Konsumen)
Rizki Rinaldi, 170602008, FEBI, ES, 081318053033.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pada praktik ekonomi islam terdapat satu asas yang mesti dilaksanakan yaitu prinsip amanah. Amanah memiliki arti yaitu memberikan kembali hak yang memang benar dimiliki kepada pemiliknya, tidak meraup sesuatu melepaui haknya serta tidak mengambil hak orang lain. Kepuasan merupakan suatu perasaan yang muncul, senang ataupun kecewa setelah melihat hasil dari suatu produk berdasarkan harapan Pada dasarnya konsumen akan memilih barang yang harganya murah dan kualitas yang baik, kemudian ada hal lain yang mempengaruhi hal tersebut yaitu kualitas pelayan dan religiusitas. Pada praktek jual beli juga diimplementasikan prinsip amanah tersebut ketika melaksanakan praktek jual beli, baik pedagang maupun konsumen harus sama-sama memiliki sifat amanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap penerapan prinsip amanah dan kepuasan konsumen dengan studi kasus di toko Lestari Elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang konsumen toko Lestari Elektronik dengan menggunakan teknik probability sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan structural equestion modelling (SEM) partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa. (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada taraf nyata 5%. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap kepuasan konsumen pada taraf nyata 5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prinsip amanah terhadap kepuasan konsumen pada taraf nyata 5%. (4) Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap prinsip amanah pada taraf nyata 5%. (5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap prinsip amanah pada taraf nyata 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizki Rinaldi Rizki
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:17
Last Modified: 25 Oct 2021 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18510

Actions (login required)

View Item
View Item