Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls untuk Tingkat SMA/MA

Mefa Ladarna, 170204016 (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls untuk Tingkat SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium  Virtual Simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls untuk Tingkat SMA/MA]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls untuk Tingkat SMA/MA)
Mefa Ladarna, 170204016, FTK, PFS, 082266778047.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendesain LKPD berbasis Laboratorium virtual simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls dan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis Laboratorium virtual simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dan model yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE. ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls untuk Tingkat SMA/MA ini berupa lembar validasi oleh ahli materi, ahli media, guru dan respon peserta didik. Pada tahap pengembangan diperoleh hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 92,75% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata
94,3% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan validasi oleh guru diperoleh skor rata-rata 89,83% dengan kategori sangat layak, serta respon peserta didik yang didapatkan setelah melakukan uji coba dalam skala kecil pada tahap implementasi dengan nilai 84,75% dengan kategori sangat layak. Jadi, setelah melakukan uji coba produk dalam skala kecil dan melakukan evaluasi terhadap LKPD yang telah dikembangkan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Laboratorium virtual simulasi PhET pada materi Momentum Impuls untuk tingkat SMA/MA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Laboratorium virtual, Simulasi PhET, Momentum dan Impuls.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mefa Ladarna Mefa
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:33
Last Modified: 26 Oct 2021 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18520

Actions (login required)

View Item
View Item