Gerakan Sosial Reformatif & Politik Solidaritas Aktivitas Erpa Dalam Pengawalan Ambulans Di Kota Banda Aceh

Khairiati Safriana, 170801102 (2021) Gerakan Sosial Reformatif & Politik Solidaritas Aktivitas Erpa Dalam Pengawalan Ambulans Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Gerakan Sosial Reformatif & Politik Solidaritas  Aktivitas Erpa Dalam Pengawalan Ambulans Di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Gerakan Sosial Reformatif & Politik Solidaritas Aktivitas Erpa Dalam Pengawalan Ambulans Di Kota Banda Aceh)
Khairiati Safriana, 170801102, FISIP, IPOL, 082274706388.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui motif yang melatarbelakangi lahirnya Emergency Relawan Patwal Atjeh (ERPA). Untuk mengetahui dampak sosial dan politik yang dihasilkan dari aktivitas Emergency Relawan Patwal Atjeh (ERPA. Metode dalam penelitian ini kualitatif dengan jenis desktiptif. Hasil penelitian meunjukkan bahwa. ERPA lebih fokus pada gerakan sosial, gerakan reformatif dan gerakan solidaritas, anggota ERPA juga tidak ikut campur dengan kegiatan yang berbasis politik, kedua gerakan identity gerakan yang meningkatkan kemungkinan penglibatan sesorang kedalam gerakan tersebut sebagian besar anggota ERPA dari kalangan geng motor yang berasal di Aceh, ketiga dimensi emosi kumpulan pada dimensi ini, wacana ketidakadilan dan sokongan opini masyarakat awam menjadi inti dalam dimensi emosi dengan kehadiran ERPA masyrakat mulai peduli dan sadar akan pentingnya mendahulukan Ambulance yang membawa pihak lain yang membutuhkan pertolongan, keempat dimensi ideology ini merujuk pada nilai atau sistem yang diyakini oleh individu dan kumpulan yang mana merasa terancam karena nilai ini dicederai. Motif kemanusiaan yang mengkhawatirkan kondisi pasien yang berada di dalam mobil ambulans. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengutamakan mobil Ambulance sebagai kendaraan Emergency, sehingga ERPA termotivasi untuk memberikan pengawalan kepada pasien yang berada di dalam mobil Ambulance. Aktivitas ERPA tidak berdampak pada politik, karena organisasi ini merupakan organisasi relawan bukan organisasi politik dan tidak ditunggangi oleh organisasi politik manapun. Anggota organisasi ini juga merupakan masyarakat biasa bukan anggota dari partai politik manapun. Sedangkan pada aspek sosial, organisasi ini sangat berperan dalam menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kepedulian masyarakat terhadap kondisi pihak lain yang sedang membutuhkan pertolongan tenaga medis. Para anggota DPRK dansopir ambulans mengapresiasi tujuan dari keterlibatan ERPA dalam mengawal ambulans, sedangkan anggota kepolisian menganggap bertentangan dengan aturan negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Kamaruzzaman, S.Ag., M.Sh. Pembimbing II : Danil Akbar Taqwadin, B.IAM.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sosial Reformatif, Solidaritas, ERPA, Ambulans.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Khairiati Safriana
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:41
Last Modified: 01 Nov 2021 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18529

Actions (login required)

View Item
View Item