Fatmawati, 150210088 (2021) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Fatmawati, 150210088, FTK, PIAUD, 082237166055.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Abstract
TK Islam Terpadu Mina, Gampong Baet. Ditemukan sebagian anak masih sulit membedakan lambang huruf, misalnya anak masih tertukar saat menyebutkan huruf antara huruf “B dan D” yang diperlihatkan oleh guru, anak masih bingung menunjukan huruf yang di perlihatkan guru, dan anak masih belum fasih membedakan bunyi yang sama seperti contohnya bunyi huruf “C dan J”, misalnya saat anak menuliskan kata “Baju” tetapi anak menulisnya kata “Bacu”. Hal tersebut terjadi saat dalam proses pembalajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir simbolik Anak Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil analisis thitung mengatakan bahwa hipotesis signifikan dengan nilai sebagai berikut thitung> ttabel yaitu 9,17> 2,08 untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir simbolik pada Anak Usia Dini di TK Islam Tepadu Mina, Gampong Baet pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Zikra Hayati , M. Pd Pembimbing II : Faizatul Faridy, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media Kartu Bergambar, Kemampuan Berpikir Simbolik, Anak Usia Dini |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Fatmawati Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 03:23 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18547 |