Eksistensi Kelompok Sadar Wisata dalam Mewujudkan Iklim Kondusif Bagi Pengembangan Pariwisata Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil

Rizka Safitri, 170404039 (2021) Eksistensi Kelompok Sadar Wisata dalam Mewujudkan Iklim Kondusif Bagi Pengembangan Pariwisata Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Eksistensi Kelompok Sadar Wisata dalam Mewujudkan Iklim Kondusif Bagi Pengembangan Pariwisata Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil]
Preview
Text (Eksistensi Kelompok Sadar Wisata dalam Mewujudkan Iklim Kondusif Bagi Pengembangan Pariwisata Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil)
Rizka Safitri, 170404039, FDK, PMI, 082160154038_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh eksistensi dan posisi penting Kelompok Sadar Wisata dalam pengembangan pariwisata yang dibutuhkan oleh masyarakat di dearah pariwisata. Keberadaan kelompok sadar wisata kepulauan banyak kabupaten aceh singkil mempunyai kegiatan salah satunya sebagai penggerak dalam mewujudkan sapta pesona. Kelompok sadar wisata adalah kelembagaan informal yang dibentuk anggota masyarakat dan merupakan salah satu unsur pemangku kepentingan dalam masyarakat yang memiliki keterkaitan dan peran penting dalam pengembangan dan mewujudkan sadar wisata dan sapta pesona. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi Kelompok Sadar Wisata dalam mewujudkan iklim kondusif bagi pengembangan pariwisata serta mendeskripsikan dampak dari eksistensi Kelompok Sadar Wisata dalam mewujudkan iklim kondusif bagi pengembangan pariwisata. Untuk menjawab permaslaahan tersebut penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kelompok sadar wisata masyarakat mulai peduli dengan limgkungan sekitar dan masyarakat sadar bahwa daerah mereka sudah menjadi tujuan wisata favorit di aceh singkil. Dampak dari keberadaan kelompok sadar wisata pendapatan masyarakat bertambah karena dengan banyaknya wisatawan yang datang ke pulau banyak masyarakat bisa berjualan seperti ole-ole, souvenir dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizka Safitri
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:46
Last Modified: 02 Nov 2021 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18558

Actions (login required)

View Item
View Item