Analisis kesalahan hamzah washal dan hamzah qath’i bagi siswi Ulumuddin

Aramina, 170202157 (2021) Analisis kesalahan hamzah washal dan hamzah qath’i bagi siswi Ulumuddin. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis kesalahan hamzah washal dan hamzah qath’i bagi siswi Ulumuddin]
Preview
Text (Analisis kesalahan hamzah washal dan hamzah qath’i bagi siswi Ulumuddin)
Aramina, 170202157, FTK, PBA, 085359431436.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dalam mempelajari bahasa Arab adalah untuk penguasaan siswi dengan semua unsur-unsur bahasa Arab dan empat keterampilan bahasa. Banyak siswi yang tidak memperoleh kompetensi yang memadai dalam keempat keterampilan tersebut. Salah satu keterampilan berbahasa yang dianggap sangat sulit oleh siswi adalah keterampilan menulis. Maka dari itu, kemampuan menulis membutuhkan penguasaan terhadap berbagai unsur kebahasaan yang akan menjadi isi tulisan khususnya pada hamzah washal dan qath’i. Dan tujuan penulisan makalah ilmiah ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswi dalam penulisan hamzah washal dan qath’i. Dan metode penelitian di makalah ilmiah ini yaitu analisis deskriptif. Adapun sampel penelitian ini, peneliti memilih siswi dari kelas 2/6 Ma’had Ulumuddin dengan mengambil 20 siswi. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa nilai dari hamzah washal alif lam at-ta’rif (18,18%), hamzah qath’i madhi ruba’i (12,12%), hamzah washal madhi khumasi (9,09%), hamzah washal amr tsulasi (9,09%), hamzah qath’i huruf (9,09%), hamzah qath’i selain dari asma’ ‘asyarah (6,06%), hamzah qath’i hamzah mudhari’ (6,06%), hamzah washal asma’ ‘asyarah(6,06%), hamzah washal masdar fi’il khumasi (3,03%), hamzah washal masdar fi’il sudasi (3,03%), hamzah washal madhi sudasi (3,03%), hamzah washal amr khumasi (3,03%), hamzah qath’i masdar tsulasi (3,03%), hamzah qath’i amr ruba’i (3,03%). Dan adapun masalah yang dihadapi oleh sisiwi dalam belajar bahasa Arab, diantaranya tidak bisa membedakan hamzah washal dan hamzah qath’i dan kurangnya perhatian dalam penulisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain) > 892 Sastra Afro-Asia > 892.7 Sastra Bahasa-bahasa Arab dan Maltes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aramina Aramina
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:29
Last Modified: 02 Nov 2021 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item
View Item