Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Tingkat Kemiskinan dan Kemaslahatan Ekonomi (Data Panel Kabupaten/Kota di Aceh)

Nadia Ulfah, 190602165 (2021) Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Tingkat Kemiskinan dan Kemaslahatan Ekonomi (Data Panel Kabupaten/Kota di Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Tingkat Kemiskinan dan Kemaslahatan Ekonomi (Data Panel Kabupaten/Kota di Aceh)]
Preview
Text (Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Tingkat Kemiskinan dan Kemaslahatan Ekonomi (Data Panel Kabupaten/Kota di Aceh))
Nadia Ulfah, 190602165, FEBI, ES, 085206736377.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausalitas antara Pendapatan Asli Daerah (PAD), belanja daerah, tingkat kemiskinan dan kemaslahatan ekonomi yang diukur berdasarkan tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Data yang digunakan adalah data panel dari 23 kabupaten/kota di Aceh selama periode tahun 2014-2019. Analisis data yang digunakan adalah Panel Vector Error Correction Model (PVECM) dan panel granger causality test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antar variabel yaitu variabel yang memiliki hubungan jangka panjang ialah belanja daerah, kemiskinan, dan IPM. Sedangkan dalam hubungan jangka pendek PAD tidak berpengaruh terhadap kemiskinan, namun PAD berpengaruh terhadap belanja daerah dan secara negatif berpengaruh terhadap IPM, kemudian belanja daerah tidak dipengaruhi oleh kemiskinan, namun belanja daerah secara positif mempengaruhi IPM sedangkan kemiskinan berpengaruh negatif terhadap IPM. Hasil Panel Granger causality test mengindikasikan bahwa terdapat hubungan kausalitas antara belanja daerah dan IPM terhadap PAD sedangkan kemiskinan terdapat hubungan satu arah terhadap PAD. Kemudian juga terdapat hubungan satu arah antara belanja daerah dan kemiskinan terhadap IPM, namun kemiskinan dan IPM tidak terdapat hubungan diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Puji Ariani, Ph.D Pembimbing II : Junia Farma, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadia Ulfah
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:27
Last Modified: 02 Nov 2021 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18574

Actions (login required)

View Item
View Item