Peran Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Qira’ati di TPA Baitushshadiqien Aceh Besar

Rahmayana, 170201073 (2021) Peran Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Qira’ati di TPA Baitushshadiqien Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Peran Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan  Kemampuan Baca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Qira’ati]
Preview
Text (Peran Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Qira’ati)
Rahmayana, 170201073, FTK, PAI, 085220263234.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Membaca Al-Qur’an yang baik dan benar merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, sebaiknya belajar Al-Qur’an dimulai dari usia dini karena anak-anak pada usia dini memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menangkap pembelajaran, salah satu tempat yang biasanya dijadikan untuk tempat belajar Al-Qur’an adalah TPA. Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa santri di TPA Baitushadiqien yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Ustadz/Ustadzah dalam penerapan metode Qira’ati untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat ustadz/ustadzah dalam menerapkan metode Qira’ati untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an di TPA Baitushshadiqien. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan Qouta Sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, Penyajian Data, Penarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, Upaya Ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an di TPA Baitushshadiqien dengan menggunakan metode Qira’ati santri mengalami peningkatan dalam membaca Al-Qur’an dengan membuat kebijakan yang dapat mendidik para santri membaca Al-Qur’an, membimbing para santri dalam membaca Al-Qur’an agar sesuai dengan hukum ilmu tajwid dan juga memberikan tugas seperti menulis ayat Al-Qur’an agar santri lebih mudah memahami bacaan Al-Qur’an, menguji santri untuk membaca Al-Qur’an satu persatu untuk melihat perkembangan atau peningkatan santri dalam membaca Al-Qur’an, dan mengingatkan santri untuk mengulang belajar membaca Al-Qur’an di rumah. sedangkan faktor pendukung Dilaksanakannya kebijakan yang telah dibuat, pembagian kartu setoran bacaan yang telah dibuat, lingkungan keluarga dan faktor penghambat adalah Kurangnya Sarana dan prasarana di TPA Baitushshadiqien, Kurangnya tenaga pengajar (Ustadz/ustadzah), kurangnya dana, kurangnya waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmayana Rahmayana
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:14
Last Modified: 03 Nov 2021 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item
View Item