Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Suci Lestari, 150209034 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa)
Suci Lestari, 150209034, FTK, PGMI, 085270552864.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi penelitian siswa pada MIN 25 Aceh Besar terkadang banyak siswa belum menguasai materi yang diajarkan, dan nilai yang diperoleh siswa masih di bawah standar ketuntasan belajar, dimana nilai standar yang digunakan mencapai 75. Namun masih terdapat 70% dari siswa dalam pembelajaran mendapat nilai di bawah standar yaitu (72 85). Oleh karna itu dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada tema Makananku Sehat dan Bergizi. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui aktivitas belajar guru dan siswa. (2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) di kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian ini adalah (1) lembar pengamatan (observasi). (2) soal tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan taraf keberhasilan aktivitas guru pada siklus I termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai 64,13%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 89,13% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I termasuk kategori cukup dengan nilai 63,54% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 88,04% dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 8,33% dan pada siklus II mencapai nilai 89,13%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas IV MIN 25 Aceh Besar sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Ridwan M. Daud, M. Ed Pembimbing II : Hafidh Maksum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI), Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suci Lestari
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:19
Last Modified: 03 Nov 2021 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item
View Item