Keaktifan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue

M. Ruli Nurhidayat, 140206028 (2021) Keaktifan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keaktifan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue.]
Preview
Text (Keaktifan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue.)
M. Ruli Nurhidayat, 140206028, FTK, MPI, 085261050360.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberadaan media pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam Sebagian sudah disediakan, namum masih minim dimanfaatkan oleh guru, bahkan Sebagian guru cenderung memanfaatkan media pembelajaran yang dibuatnya sendiri, Penelitian yang berjudul “Keaktifan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue”, bertujuan untukmengetahui keaktifan guru dalam penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue, strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue dan bentuk-bentuk media pembelajaran yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeuleu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan 4 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Pertama, penggunaan media pembelajaran oleh guru di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeulue sudah tergolong aktif, dimana dalam memanfaatkan media sangat ditentukan dengan materi serta jam pelajaran yang akan dilaksanakan di kelas. Kedua, Strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Kabupaten Simeulue dilakukan dengan menjadikan media pembelajaran sebagai pendukung penuntasan materi, menjadikan media pembelajaran sebagai peningakatan motivasi, minat dan prestasi belajar siswa dan menjadikan media pembelajaran untuk terus menerus diamati oleh siswa.Ketiga, Bentuk-bentuk Media Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru di SMA Negeri 2 Teluk Dalam, Simeuleu terdiri dari media online, media peraga, media elektronik dan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mumtazul Fikri, MA Pembimbing II : Dra. Cut Nya Dhin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Guru, Penggunaan Media Pembelajaran.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Ruli Nurhidayat
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:33
Last Modified: 03 Nov 2021 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item
View Item