Pembentukan Karakter Islami Siswa SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh

Aslinda Andriani, 30183677 (2021) Pembentukan Karakter Islami Siswa SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Pembentukan Karakter Islami Siswa SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda AcehPembentukan Karakter Islami Siswa SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh)
Aslinda Andriani, 30183677, PPS, PAI, 082210102236.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembentukan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting di selenggarakan untuk generasi muda saat ini. Permasalahan sering terjadinya tawuran, pembulian, berkata kasar kepada teman dan juga gurunya. Namun hal ini tidak ditemui di SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School. Adanya karakter terpuji pada siswa di SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School menyebabkan peneliti ingin meneliti lebih lanjut terkait pembentukan karakter siswa di Fatih. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter siswa, untuk mengetahui apa saja program pembentukan karakter siswa dan apa saja faktor pendukung pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta didukung dengan studi kepustakaan. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa SMP Fatih memiliki karakter religius, menghargai orang yang lebih tua, disiplin, rajin belajar, sopan, bertoleransi yang tinggi, kreatif, gemar membaca dan sebagainya. Program pembentukan karakter yang diterapkan oleh guru SMP Fatih ialah a) Face to Face, b) Students group discussion, c) Visiting parent, d) Osis Camp, e) Class activity, f) Community Service, g) Guidance lessons, h) Motifation Seminar, i), Klub/ Ekstrakurikuler. Adapun faktor pendukung pembentukan karakter SMP Fatih yaitu karena perangkat sekolah, guru dan peserta didiknya terseleksi dan lengkapnya sarana prasarana disekolah, selain itu pula pihak sekolah melakukan kerja sama dengan orang tua dan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan program diatas dan melakukan kerja sama dengan orang tua SMP Fatih Teuku Nyak Arif telah berhasil membentuk karakter siswanya menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Teuku Zulfikar, S.Ag., MEd. Pembimbing II : Dr. Syarifah Dahliana Ph.D
Uncontrolled Keywords: Karakter Islami, Siswa SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aslinda Andriani
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:39
Last Modified: 04 Nov 2021 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18604

Actions (login required)

View Item View Item
TOP