Islam Dan Tantangan Zaman Di Era Modern Dalam Pandangan Nurcholish Madjid

Kasyiful Akmalia, 150301081 (2020) Islam Dan Tantangan Zaman Di Era Modern Dalam Pandangan Nurcholish Madjid. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Islam Dan Tantangan Zaman Di Era Modern Dalam Pandangan Nurcholish Madjid]
Preview
Text (Islam Dan Tantangan Zaman Di Era Modern Dalam Pandangan Nurcholish Madjid)
Kasyiful Akmalia, 150301081, FUF, AFI, 082387497774 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada era modern Islam dinilai tidak dapat memberikan jawaban yang sesuai terhadap permasalahan yang ada. Hal itu menimbulkan masalah-masalah baru di dalam Islam yang membutuhkan pada terjadinya pembaruan dan tantangan untuk mengembalikan nilai-nilai keuniversalitas Islam itu sendiri sehingga dapat menimbulkan peradaban Islam yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penulis meneliti hal ini ialah untuk mendeskripsi dan menganalisis pandangan Nurcholish Madjid terkait Islam dan tantangan zaman di era modern. Metode penelitian yang penulis gunakan ialah Library Research yaitu penelitian kepustakaan. Data yang penulis gunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Adapun data primer adalah buku karangan Nurcholish Madjid, sedangkan yang menjadi data sekunder ialah buku-buku dan jurnal-jurnal serta penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik pembahasan.
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa Nurcholish sadar bahwa Islam membutuhkan pada adanya pembaruan dalam tubuh Islam untuk menjawab semua persoalan-persoalan Islam yang semakin lama semakin kompleks dan membutuhkan sebuah solusi yang up to date, solusi yang ditawarkan oleh Nurcholish ialah dengan melepaskan diri dari kejumudan, kemudian menumbuhkan semangat rasionalisasi pun juga sekularisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Kasyiful Akmalia
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:28
Last Modified: 04 Nov 2021 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18616

Actions (login required)

View Item
View Item