Penerimaan Diri Pada Lansia Terhadap Kondisi Terpisah dari Keluarga (Studi Deskriptif di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Desa Lamglumpang Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)

Nurliana, 160402076 (2021) Penerimaan Diri Pada Lansia Terhadap Kondisi Terpisah dari Keluarga (Studi Deskriptif di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Desa Lamglumpang Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penerimaan Diri Pada Lansia Terhadap Kondisi Terpisah dari Keluarga]
Preview
Text (Penerimaan Diri Pada Lansia Terhadap Kondisi Terpisah dari Keluarga)
Nurliana, 160402076, FDK, BKI, 085216719331.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penerimaan diri pada lansia terhadap kondisi terpisah dari keluarga di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Desa Lamglumpang Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh belum sepenuhnya. Penyebabnya adalah para lansia sedih dan tidak betah tinggal terpisah dengan keluarga, karena kebutuhan, kemauan atau keinginan mereka tidak sepenuhnya dapat mereka dapatkan di panti sosial. Pada masa tua, seseorang lebih membutuhkan kasih sayang dan kehangatan yang lebih dari keluarganya, karena keluarga memiliki peran penting untuk mendukung lansia. Kondisi terpisah dari keluarga juga membuat para lansia merasakan kesepian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan diri lansia di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, dan cara lansia membiasakan hidup dengan kondiri terpisah dari keluarganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah lansia yang terpisah dari keluarganya dengan jumlah 6 orang lansia dengan pertimbangan dan ketentuan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian datan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri lansia belum sepenuhnya para lansia bisa menrima diri di tempat yang terpisah dengan keluarganya, karena batin seseorang mengarahkan fungsi-fungsi motif, rasa takut, kebutuhan, kesepian dan sebagainya. Cara lansia membiasakan hidup dengan kondisi terpisah dari keluarganya yaitu mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di panti. Para lansia mengikuti kegiatan tersebut agar bisa menghilangkan rasa kesepian yang meraka alami. Saran peneliti adalah diharapkan bagi pengasuh di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang dapat merawat warga binaan dengan rasa empati dan penuh dengan kelembutan dan kasih sayang agar para lansia lebih merasa dihargai dan disayangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurliana Nurliana
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:53
Last Modified: 05 Nov 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18619

Actions (login required)

View Item
View Item