Analisis Sistem Penetapan Fee Pada Produk IB Hasanah Card Dalam Perspektif Akad al- Ijārah (Studi Kasus Pada PT. BNI Syari’ah Cabang Banda Aceh)

Rita Zahara, 150102152 (2020) Analisis Sistem Penetapan Fee Pada Produk IB Hasanah Card Dalam Perspektif Akad al- Ijārah (Studi Kasus Pada PT. BNI Syari’ah Cabang Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Sistem Penetapan Fee Pada Produk IB Hasanah Card Dalam Perspektif Akad al- Ijārah (Studi Kasus Pada PT. BNI Syari’ah Cabang Banda Aceh)]
Preview
Text (Analisis Sistem Penetapan Fee Pada Produk IB Hasanah Card Dalam Perspektif Akad al- Ijārah (Studi Kasus Pada PT. BNI Syari’ah Cabang Banda Aceh))
Rita Zahara, 150102152, FSH, HES, 082215108943.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Imbalan merupakan hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang. Relevansinya akad ijārah pada produk ini adalah karena setiap nasabah dikenakan iuran, Annual membership fee, yaitu biaya yang ditangguhkan oleh pihak penerbit kartu kepada pemegang kartu yang dihitung berdasarkan limit kartu tertentu dikali dengan equivalent rate 2,95 %. Dari latar belakang tersebut melahirkan dua rumusan masalah yaitu, bagaimana mekanisme produk IB Hasanah Card pada PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh dan bagaimana implementasi dalam sistem penetapan fee pada produk IB hasanah card dalam perspektif akad Ijārah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menganalisa dan memecah kanmasalah yang terjadi berdasarkan gambaran yang terlihat serta dari data-data dan buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme produk IB Hasanah Card dan implementasi dalam sistem penetapan fee pada produk iB Hasanah Card dalam perspektif akad Ijārah di PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama setiap bulan pengguna akan menerima Lembar Penagihan (Billing Statement) sesuai dengan Tanggal Cetak Tagihan (Cycle Date) iB Hasanah Card. Kedua, penetapan fee dalam iB Hasanah Card pada PT BNI Syariah Cabang Kota Banda Aceh belum sepenuhnya sesuai dengan akad Ijārah, karena dalam menetapkan besaran biaya fee atau ujrah tidak boleh diambil berdasarkan jumlah pinjaman, utang pokok atau berdasarkan pinjaman pokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Burhanuddin A. Gani, MA Pembimbing II : Rispalman, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Penetapan Fee, IB Hasanah Card, Akad al- Ijārah, PT. BNI Syari’ah Cabang Banda Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rita Zahara Rita
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:53
Last Modified: 05 Nov 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item
View Item