Manajemen Karakter Dalam Pembinaan Peserta Didik Di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues

Rahimin, 170206071 (2021) Manajemen Karakter Dalam Pembinaan Peserta Didik Di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Manajemen Karakter Dalam Pembinaan Peserta Didik Di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues]
Preview
Text (Manajemen Karakter Dalam Pembinaan Peserta Didik Di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues)
Rahimin, 170206071, FTK, MPI, 085282053086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Karakter menjadi penting bagi kehidupan manusia, khususnya untuk generasi penerus bangsa. Karna manajemen karakter ini bertujuan untuk kearah yang lebih baik. Manajemen karakter yaitu usaha yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan mengintegrasikan nilai-nilai agar peserta didik mampu menumbuhkan karakter khasnya yang terdiri dari proses, perencanaan pelaksanaan dalam karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan manajemen karakter dalam pembinaan peserta didik di SMKN 1 Blangkejeren, untuk mengetahui Pelaksanaan manajemen karakter dalam pembinaan peserta didik di SMKN 1 Blangkejeren, untuk mengetahui kendala manajemen karakter dalam pembinaan peserta didik di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kesiswaan dan guru Bk di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues. Hasil penelitian Menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Manajemen karakter dalam pembinaan peserta didik di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues melalui 4 proses. Pertama, Mengembangkan kurikulum dengan nilai-nilai karakter. Kedua, menyusun manajemen sekolah. Ketiga, menetukan kegiatan guru disekolah. Keempat membentuk kebiasaan peserta didik yang berkarakter. (2) Pelaksanaan manajemen karakter dalam pembinaan peserta didik di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues. Melalui 3 proses. Pertama, mengintegrasikan kegiatan sehari-hari dengan nilai-nilai karakter. Kedua, kegiatan rutin (pembiasaan dan keteladanan). Ketiga, Membangun komunikasi dengan orang tua peserta didik di sekolah. (3) Kendala pelaksanaan manajemen karakter dalam pembinaan peserta didik di SMKN 1 Blangkejeren Gayo Lues meliputi. Pertama keluarga, relativ masih rendah dalam pengontrolan dan pembinaan peserta didik di rumah. Kedua teman sebaya, hal ini sangat dipegaruhi kemampuan memahami pergaulan pada teman. Ketiga lingkungan, sangat berpegaruh dalam membentuk karakter peserta didik selama berada di lingkungan bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Yusri M. Daud, M. Pd Pembimbing 2 : Tihalimah S.Pd,I., M.A
Uncontrolled Keywords: Manajemen Karakter, Pembinaan Peserta Didik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahimin Rahimin
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:24
Last Modified: 05 Nov 2021 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18652

Actions (login required)

View Item
View Item