Analisis Pemanfaatan Koleksi BI Corner Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Peureulak Aceh Timur

Munauwarah, 170503028 (2021) Analisis Pemanfaatan Koleksi BI Corner Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Peureulak Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pemanfaatan Koleksi BI Corner Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Peureulak Aceh Timur]
Preview
Text (Analisis Pemanfaatan Koleksi BI Corner Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Peureulak Aceh Timur)
Munauwarah, 170503028, FAH, IP, 085262217938.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pemanfaatan Koleksi BI Corner dalam Proses Pembelajaran di SMAN 1 Peureulak Aceh Timur”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi BI corner dalam proses pembelajaran, faktor yang mendukung dan menghambat serta upaya yang dilakukan pihak civitas sekolah untuk meningkatkan pemanfaatan koleksi BI corner dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Peureulak Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan diambil menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 15 informan yang meliputi kepala sekolah, petugas perpustakaan, 10 siswa dan 3 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi BI corner dalam pembelajaran dilakukan dengan cara membaca di tempat. Adapun faktor yang mendukung pemanfaatan adalah koleksi BI corner bervariasi dan update, layanan petugas perpustakaan, dan program pembelajaran di perpustakaan. Sedangkan faktor yang menghambat adalah tidak diperbolehkan dipinjam, beberapa koleksi tidak sesuai dengan kebutuhan siswa, sebagian guru terlalu fokus pada buku paket dan kurang promosi. Sedangkan upaya yang akan dilakukan pihak sekolah adalah melakukan pengadaan koleksi baru dari pihak Bank Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Koleksi BI Corner, Proses Pembelajaran.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Munauwarah Munauwarah
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:26
Last Modified: 08 Nov 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18671

Actions (login required)

View Item
View Item