Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat di Kampung Rikit Bur 2 Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara

Suja Asriani, 160201024 (2021) Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat di Kampung Rikit Bur 2 Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat di Kampung Rikit  Bur 2 Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara]
Preview
Text (Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat di Kampung Rikit Bur 2 Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara)
Suja Asriani, 160201024, FTK, PAI, 082274965003.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam di kalangan masyarakat melalui berbagai lembaga non formal berperan dalam membangun kehidupan yang agamis di kalangan masyarakat. Masyarakat mempunyai wawasan ke Islaman yang minim, maka otomatis hal ini akan menimbulkan efek yang buruk terhadap kemajuan masyarakat yang akan datang karena nasib suatu bangsa tergantung kepada para pemuda dan remaja. Pertanyaan penliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam dan bentuk-bentuk di dalam masyarakat kampung Rikit Bur 2 Kecamatan Bukit Tusam Kabupaten Aceh Tenggara. (2) Apa saja kendala pelaksanaan pendidikan agama Islam di Gampong Rikit Bur 2.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif bersifat deskriptif. Adapun dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang peneliti dapat dilapangan Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di Kampung Rikit Bur 2 berlangsung secara tertib, dilaksanakan seminggu sekali pada masing-masing jenjang dan satu jam pelajaran selama 60 menit. Pengimplementasian PAI di Kampung Rikit Bur 2 dilakukan dengan berbagai macam yaitu: (1) Pembelajaran PAI bagi anak-anak dan remaja, (2) Kegiatan wirid ibu-ibu dan remaja putri Kampung Rikit Bur 2, dan (3) Partisipasi masyarakat Kampung Rikit Bur 2 dalam membangun kegiatan berlandaskan Pendidikan Agama Islam. Adapun kendala yang dimiliki dalam pengimplementasian yaitu kesulitan masyarakat dalam mengatur waktu untuk mengikuti kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jailani, S.Ag.M.Ag., Pembimbing II : Muhajir, S, Ag.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Agama Islam Masyarakat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suja Asriani Suja
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:24
Last Modified: 08 Nov 2021 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item
View Item