Eksistensi Umat Budha di Kota Blang Pidie (Studi Kasus Hubungan Sosial Keagamaan)

Nora Afrianja, 170302001 (2021) Eksistensi Umat Budha di Kota Blang Pidie (Studi Kasus Hubungan Sosial Keagamaan). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Eksistensi Umat Budha di Kota Blang Pidie]
Preview
Text (Eksistensi Umat Budha di Kota Blang Pidie)
Nora Afrianja, 170302001, FUF, SAA, 082310434751.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Beragam penganut umat beragama tidak pula menutup kemungkinan terjadinya konflik yang ditimbukan dari rasa fanatik yang berlebihan sehingga timbulnya rasa intoleransi pada setiap umat beragama. Khususnya Kota Blang Pidie yang menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya yang berpenganut beragam umat beragama. Penelitian ini mengkaji tentang eksistensi umat Budha di Kota Blang Pidie studi kasus hubungan sosial keagamaan. Tujuan penelitian ialah: mendeskripsikan bagaimana eksisstensi kehidupan sosial keagamaan umat Budha di Kota Blang Pidie dan apa saja permasalahan kehidupan sosial keagamaan umat Budha.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), menggunakan metode kualitatif. Proses penelitian ini melalui 3 cara antara lain adalah: observasi, wawancara serta dokumentasi, setiap data yang dihasilkan kemudian diolah dan dianalisis hingga menghasilkan kesimpulan agar dapat ditentukan data-data yang akurat dan valid.

Hasil penelitin ini menunjukan bahwa terdapat beberapa dimensi kehidupan sosial keagamaan umat Budha di Kota Blang Pidie antara lain ialah: dimensi keagamaan, dimensi interaksi soial serta dimensi sikap, beberapa dimensi tersebut dapat menyebabkan faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan sosial keagamaan masyarakat Budha di Kota Blang Pidie. Interaksi sosial yang tidak terjalin lancar juga dapat berdampak pada setiap individu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Nora Afrianja Nora
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:49
Last Modified: 23 Nov 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item
View Item