Penerapan Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa di Kelas VII SMPN 4 Banda Aceh

Suryadi, 261222908 (2017) Penerapan Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa di Kelas VII SMPN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Pendidikan; Metode Pembelajaran)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dalam matematika dan dalam bidang lainnya merupakan bagian ketrampilan hidup yang perlu di kembangkan terutama dalam menghadapi era informasi dan suasana bersaing semakin ketat, realita yang terjadi pada pembelajaran matematika masih terbiasa dengan urutan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) diajarkan teori/definisi/teorema; (2) diberikan contoh-contoh; (3) diberikan contoh soal. Namun yang terjadi siswa masih pasif, menyelesaikan masalah sesuai dengan satu solusi dan pebelajaran masih di dominasi oleh guru. Oleh karena itu, salah satu pendekatan yang dapat membuat siswa lebih kreatif dalam pembelajaran matematika terutama pada materi Segiempat yaitu dengan pendekatan Open Ended. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan Open-Ended lebih tinggi dari pendekatan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional pada siswa SMPN 4 Banda Aceh. Rancangan penelitian adalah Quasi Ekperimen dengan model rancangan pretest posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Banda Aceh dan sampel di ambil secara Purposive Sampling yaitu kelas VII-4 sebagai kelas Ekperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, karena data berpikir kreatif merupakan data ordinal, maka terlebih dahulu data tersebut dikonversikan ke data interval dengan menggunakan MSI( Method of successive Interval), kemudian di analisis dengan menggunakan berbantuan software SPSS 21. Hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 4 Banda Aceh yang diajarkan melalui pendekatan Open-Ended lebih baik dari kelas yang diajarkan dengan pendekatan konvesional. Hal ini dilihat berdasarkan hipotesis II kelas eksperimen dan kontrol dengan taraf signifikan α = 0,05 kriteria pengujian, diperoleh signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai signifikan kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Kata kunci : Pendekatan Open Ended, kemampuan, berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd; 2. Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Open Ended Berfikir Kreatif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Suryadi Nurlaila
Date Deposited: 14 Dec 2017 09:51
Last Modified: 14 Dec 2017 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item
View Item